Latest Updates

Perkembangan Trading Card Game di Indonesia

Mungkin gamers di Indonesia, sudah tidak asing dengan permainan kartu. Apabila ditanya mengenai permainan kartu yang ada di Indonesia, mungkin kebanyakan dari mereka akan menjawab Kartu Remi, Capsa, Poker, Gaple dan Kwartet. Namun, apabila ditanya tentang trading card game (TCG) atau collectible card game (CCG), mungkin kebanyakan hanya mengetahui Yu-Gi-Oh! dan Vanguard. Sedikit gamers yang mengetahui bahwa masih ada beberapa permainan kartu asal luar negeri yang sudah masuk ke Indonesia, bahkan sejak lama.

Dimulai sekitar tahun 1990an, banyak gamers Indonesia mulai memainkan kartu Dragon Ball Z dan Pokemon yang didapatkan dari mesin Gashapon atau membeli sebungkus (package) yang berisi 5 kartu acak. Namun, beberapa dari mereka tidak mengetahui bahwa kartu tersebut bisa digunakan untuk bermain. Gambar yang ditampilkan pada setiap kartu pun keren-keren, pada permainan kartu Dragon Ball Z, primadonanya adalah Goku dalam berbagai versi, Vegeta (Bezita) dan beberapa lainnya. Sedangkan untuk permainan kartu Pokemon, yang menjadi incaran para kolektor adalah kartu Pokemon legendaris.


Kartu Dragon Ball Z

Kartu Pokemon
Selain dari mesin Gashapon, kartu tersebut juga bisa didapatkan dari membeli ke para penjual kartu, namun dengan harga yang lebih mahal. Hal itu dikarenakan, kartu yang didapatkan dari permainan Gashapon selalu acak. Selain membeli, gamers juga bisa melakukan tukar menukar kartu dengan teman sepermainan untuk melengkapi kartu yang dimiliki. Namun, selain kedua judul tersebut, ada banyak permainan kartu dari luar negeri maupun buatan lokal yang laris manis dimainkan oleh gamers di Indonesia.

Yuk lihat informasi selanjutnya di halaman ke-2.


 

0 Response to "Perkembangan Trading Card Game di Indonesia"