Latest Updates

DPT Jabar Ditetapkan 32.711.462 Pemilih

INILAH.COM, Bandung - KPU Jawa Barat akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 32.711.462. Jumlah tersebut ditentukan seusai melakukan penyisiran dari masing-masing KPU kabupaten/kota di Jawa Barat.


"Kita sudah menetapkan DPT yang sudah disetujui oleh Bawaslu. Ini karena memang berkat kerja sama bersama antara KPU dengan Bawaslu," ujar Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat kepada wartawan seusai rapat pleno penetapan DPT Jabar di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Sabtu (2/11/2013).


Dia mengatakan, jumlah tersebut berkurang dari hasil sebelum dilakukan penyisiran. Yayat beralasan berkurangnya daftar pemilih disebabkan beberapa faktor.


"Kita menemukan pemilih yang ganda antar kecamatan, kabupaten atau provinsi. Yang dominan itu antar kabupaten, ada juga yang pindah status dari sipil ke TNI atau Polri atau juga ada penambahan yang belum terdaftar dimasukan. Jadi semuanya terkoreksi," jelas dia.


Rapat pleno yang digelar di aula KPU Jabar sekitar pukul 15.30 WIB hingga 18.30 WIB itu berlangsung meriah. Beberapa perwakilan partai, calon anggota DPD dan Bawaslu dan perwakilan KPU kabupaten/kota hadir menghadiri rapat tersebut.


Seusai masing-masing KPU kabupaten/kota melaporkan jumlah DPT, laporannya beberapa kali dilakukan koreksi. Seperti yang terjadi di Kabupaten Bogor, Majalengka dan Indramayu. Pasalnya, sesuai dengan pengecekan data yang mereka ajukan berbeda dengan Sistem Data Pemilih (Sidalh).


Dari laporan itu, jumlah perubahan di Kabupaten Majalengka berkurang menjadi 15 pemilih, Kabupaten Indramayu berkurang 30 pemilih serta di Kabupaten Bogor berkurang 7 pemilih.


KPU Jabar memerintahkan langsung kepada tiga KPU tersebut untuk melakukan kembali rapat pleno dengan mengundang Bawaslu dan perwakilan partai politik setempat pada Sabtu (2/11/2013) malam.


Beberapa pihak dalam rapat pleno itu sempat mempertanyakan langkah KPU Jabar yang menetapkan DPT kemudian di Kabupaten/Kota masih harus dilakukan rapat pleno. Kendati demikian, telah disepakati jika hal tersebut tidak menjadi masalah.


Yayat mengatakan, kesepakatan DPT ini akan dilaporkan di depan KPU pusat pada Senin (4/11/2013) mendatang di Jakarta. DPT ini sewaktu-waktu bisa berubah ketika datanya sudah masuk ke KPU pusat.


"Kita lihat rekap di tingkat nasional untuk perubahan. Jumlah ini sebagai acuan untuk kita laporkan ke KPU pusat tanggal 4 nanti," jelas Yayat. [hus]


 

0 Response to "DPT Jabar Ditetapkan 32.711.462 Pemilih"