Latest Updates

Misi Bulan Cina Sasar Teluk Pelangi

Misi Bulan Cina Sasar Teluk Pelangi

Chang'E 3. chinesedefence.com

TEMPO.CO, Beijing - Cina membuat kemajuan besar dalam misinya untuk mendaratkan rover di bulan. Di Pusat Peluncuran Satelit Xichang, Cina, pesawat ruang angkasa Chang'e 3 sedang menjalani tes akhir menjelang peluncuran yang rencananya dilakukan pada awal Desember mendatang. 

Sementara itu, roket pembawa Long March 3B dilaporkan tengah dimodifikasi dengan teknologi baru dan dijadwalkan mencapai pusat peluncuran melalui kereta api dari Beijing pada Jumat, 1 November.

Target untuk misi Chang'e 3--sebuah pendarat dan rover bulan--adalah Sinus Iridum, yang dikenal sebagai Teluk Pelangi, dataran lava basaltik di bulan, menurut laporan media Cina. 

 Pengorbit bulan Cina sebelumnya, Chang'e 2, mengamati zona pendaratan di bulan itu pada 2010, yang menunjukkan topografi datar dan fitur menarik lainnya dari situs tersebut.

Nama rover akan diputuskan bulan depan berdasarkan hampir 190 ribu entri pada dua website di Cina. Menurut Beijing Times, yutu (giok kelinci dalam bahasa Cina) memimpin daftar, sementara tansuo (mengeksplorasi), dan lanyue (menangkap bulan), merupakan pilihan kedua dan ketiga.

Pengamat ruang angkasa Cina dari situs informatif Zarya.info, Bob Christy, mengatakan kepada SPACE.com peluncuran misi ke bulan Cina rencananya dilakukan pada 1 Desember 2013. "Ini bisa satu atau dua hari kemudian, tapi tidak mungkin sebelumnya," kata dia, sebagaimana dikutip Space, Kamis, 31 Oktober 2013.

Adapun mengapa Cina memilih Sinus Iridum untuk lokasi pendaratan, David Kring, ilmuwan senior di Lunar and Planetary Institute di Houston, memiliki beberapa alasan.

Dalam sebuah dokumen briefing informal yang diberikan kepada SPACE.com, Kring menunjukkan keunggulan ilmiah pemilihan wilayah itu. Namun ia juga mengatakan bahwa faktor lain mungkin mempengaruhi pilihan lokasi pendaratan.

 Sebagai contoh, Cina mungkin berpikir membawa sampel bulan kembali ke Cina pada masa depan. "Relatif sedikit keuletan yang dibutuhkan untuk membawa sampel kembali ke Bumi dari wilayah Sinus Iridum," ujar Kring kepada SPACE.com

 Sinus Iridum adalah kawah berukuran sekitar 235 kilometer yang dibanjiri lava basaltik. Lokasi ini terletak di sepanjang tepi barat laut dari cekungan Imbrium. Pada 1970, pesawat ruang angkasa Luna 17 dari Uni Soviet mendarat di dekatnya, mengirim rover bulan Lunokhod 1.

Simak berita tekno lainnya di sini.

SPACE | ERWIN Z

Berita lain
Berponsel di Pesawat Boleh, Asalkan... 
Mahasiswa IPB Daur Ulang Kulit Jagung Jadi Plastik
Media Sosial untuk Pemberdayaan Petani-Nelayan 
Siswi SMA Pati Bikin Limbah Kapuk Ganti Pestisida
Piagam HKI Dorong Pemakaian Peranti Lunak Asli


View the original article here

0 Response to "Misi Bulan Cina Sasar Teluk Pelangi"