Latest Updates

Gelapkan 600 Mobil, Suami-Istri Ditangkap

Gelapkan 600 Mobil, Suami-Istri Ditangkap

Ilustrasi jual mobil. dailymail.co.uk

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Barat menangkap pasangan suami-istri, Dian Suningrat-Aisyah, tersangka penggelapan 600 mobil milik sejumlah perusahaan rental mobil dan perorangan. Selain itu, polisi juga mencokok tiga pegawai PT Keiko, perusahaan milik Dian dan Suningrat. Dari 600 mobil, sejauh ini baru belasan unit yang berhasil disita di Markas Polda.

"Modusnya, para tersangka menyewa mobil sampai puluhan unit dari perusahaan rental dan travel di Bandung. Tapi mobil-mobil itu lalu digadaikan ke orang lain atau dijadikan jaminan untuk menarik dana deposit untuk investasi,"ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Komisaris Besar Erwin Faisal di sela acara Polda di Cigending, Kota Bandung, Jumat, 1 November 2013.

Belakangan, ia melanjutkan, para tersangka tak mampu membayar sewa mobil ke perusahaan-perusahaan atau perorangan pemilik asli mobil tersebut. Sementara ratusan mobil yang mereka gadaikan ke orang lain pun tak bisa dikembalikan kepada para pemilik sah. "Mobil-mobilnya ada Avanza, Kijang Innova, sampai mobil bagus seperti Mitsubushi Pajero dan lainnya," kata Faisal.

Menghindari tanggung jawab, para tersangka sempat kabur ke luar Bandung. "Setelah kami cari cukup lama, Aisyah dan suaminya berhasil kami tangkap di Cianjur pekan lalu. Mereka sempat melarikan diri antara lain ke Sumedang," kata Faisal. Aisyah dan Dian, kata dia, adalah Komisaris dan Direktur Utama PT Keyko yang berkantor di kompleks Metro Trade Centre, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Kepala Bidang Humas Komisaris Besar Martinus Sitompul menambahkan, para tersangka menyewa mobil atas nama PT Keyko. "Mereka beraksi sejak Juni 2012. Awalnya mereka sewa 10 mobil. Lalu bulan berikutnya bertambah jadi 20, 30, 40. Itu dari satu perusahaan saja dan dipercaya oleh perusahaan bersangkutan karena awalnya uang sewa selalu dibayar lunas setiap bulan,"kata dia.

ERICK P. HARDI

Berita Terpopuler:
Penjelasan Garuda Soal Ulah Roy Suryo 
Roy Suryo Marah Lagi di Dalam Pesawat
Istri-istri Para Koruptor
Ulah Roy Suryo di Garuda Versi Ajudan 
Jajaran Atut Heran KPK Telisik Bansos Banten


View the original article here

0 Response to "Gelapkan 600 Mobil, Suami-Istri Ditangkap"