Latest Updates

Malu Diomeli, Suhana Bunuh Ibu Kandungnya

Malu Diomeli, Suhana Bunuh Ibu Kandungnya

Ilustrasi Mencekik. REUTERS/Mansi Thapliyal

TEMPO.CO, Jember - Suhana alias Pak Usman, 40 tahun, tega membunuh ibu kandungnya, Suliha, 70 tahun. Setelah membunuh, dia mengubur jenazah ibunya itu di belakang rumah dan menutupinya dengan kotoran sapi.

"Ibu cerewet, tiap hari mengomel dan memarahi saya. Saya tidak tahan," kata Suhana ketika ditahan polisi, Jumat siang, 1 November 2013.

Perbuatan sadis penjual es lilin itu terungkap setelah polisi memeriksanya sejak Kamis malam, 31 Oktober 2013, hingga dinihari tadi. Pemeriksaan itu sendiri dilakukan justru berkat skenario yang dibuat Suhana. Dia semula menyebarkan cerita bahwa sang ibu yang sudah tua itu menghilang selama empat hari karena digondol makhluk halus.

Makhluk halus itu lalu memberinya petunjuk keberadaan Suliha, yang menurut skenarionya jenazah sang ibu telah dikembalikan. Untuk menutupi kedoknya, Suhana mengajak Slamet, seorang tetangga, untuk mendatangi kuburan ibunya itu.

Benar saja, saat dikeruk beberapa sentimeter, kaki Suliha muncul. Hal itu mengejutkan keduanya, lebih tepatnya Slamet. Temuan itu diberitahukan ke sejumlah tetangga, termasuk Legiman, Kepala Dusun Kalimalang, Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas.

Legiman kemudian melaporkannya ke Markas Polsek Gumukmas sekitar pukul 08.00 WIB. Polisi dan sejumlah warga lantas membongkar kuburan itu dan mengirim jenazah Suliha untuk diotopsi di Rumah Sakit dr Soebandi Jember.

Hasil otopsi ternyata menunjukkan ada tanda-tanda kekerasan di leher Suliha. Polisi lantas memeriksa Suhana dan Slamet hampir semalam suntuk. "Akhirnya dia mengakui kalau dirinya yang membunuh dan membuat skenario bahwa ibunya diba wa makhluk halus," ujar penyidik Mapolsek Gumukmas, Aiptu I Wayan Sudiantha.

Menurut Suhana, ia menghabisi nyawa ibunya sekitar pukul 1 dinihari, Senin, 28 Oktober 2013. Saat itu, sang ibu sedang terlelap. Dia mengatakan kesal bercampur malu karena terus dimarahi ibunya itu.

Belakangan, Suhana mengaku sangat menyesal. Tapi tentu saja itu sudah terlambat. Kasat Reskrim Polres Jember, Ajun Komisaris Teguh Priyo Wasono, mengatakan, "Ancaman hukumannya seumur hidup."

Baca juga berita pembunuhan seorang ibu oleh anaknya sendiri di sini.

MAHBUB DJUNAIDY

Terpopuler
Penjelasan Garuda Soal Ulah Roy Suryo 
Roy Suryo Marah Lagi di Dalam Pesawat
Ulah Roy Suryo di Garuda Versi Ajudan 
Istri-istri Para Koruptor


View the original article here

0 Response to "Malu Diomeli, Suhana Bunuh Ibu Kandungnya"