Latest Updates

Mengaku Wartawan dan TNI, Pria Ini Gelapkan Motor

TEMPO.CO, Madiun – Tim Buru Sergap Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Ngawi, Jawa Timur, membekuk M. Choirul Amin, 38 tahun, karena diduga melakukan penipuan dan penggelapan sejumlah sepeda motor. Dalam menjalankan aksinya, pria asal Desa Kerek, Kecamatan Ngawi, Jawa TImur itu mengaku sebagai anggota TNI dan wartawan.

"Dari tangan tersangka kami mengamankan barang bukti berupa fotokopi kartu tanda prajurit TNI dan kartu pers,’’ kata Kepala Satuan Resere Kriminal Polres Ngawi Ajun Komisaris Budi Santoso, Kamis, 24 Oktober 2013.

Salinan kartu anggota TNI yang dilaminating itu atas nama Sersan Mayor Nur Anshori dari kesatuan Kodim 0707 Wonosobo, Jawa Tengah. Selain itu, polisi juga menyita kartu pers dengan nama media Bhayangkara Utama. Barang bukti lain yang diamankan adalah satu buah sangkur yang dimodifikasi seperti pistol dan tiga unit sepeda motor.

Budi merinci, ketiga unit sepeda motor itu bermerek Yamaha Vixion dan dua lainnya Yamaha Mio. Kendaraan tersebut milik Ridwan, warga Kecamatan Kedunggalar, Ngawi yang memiliki usaha rental motor. "Modus yang dilakukan tersangka menyewa motor itu dan akhirnya tidak dikembalikan,’’ ujarnya.

Karena motor miliknya tak kunjung kembali, korban berinisiatif melapor ke polisi. Informasi itu akhirnya ditindaklanjuti dan petugas berhasil menangkap pelaku di wilayah Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa lalu. Setelah diinterogasi, tersangka mengaku telah menggelapkan tiga unit motor lain milik warga Madiun dan Magetan.

"Kami masih akan mengembangkan kasus ini dan kemungkinan jumlah korban akan bertambah,’’ jelas Budi. Dalam menangani kasus itu penyidik menjerat tersangka dengan pasal 378 tentang penipuan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan ancaman maksimal 10 tahun.

M. Choirul Amin mengaku terpaksa melakukan aksi kriminal lantaran terbentur permasalahan ekonomi. Sebab, pria itu harus menanggung biaya kebutuhan empat istrinya. Adapun salinan kartu tanda anggota TNI diperolehnya dari saudaranya. ‘’Saya dikasih kakak sepupu agar tidak ditilang polisi saat menggunakan sepeda motor di jalan raya,’’ ujarnya.

NOFIKA DIAN NUGROHO


View the original article here

0 Response to "Mengaku Wartawan dan TNI, Pria Ini Gelapkan Motor"