Latest Updates

Ini Orang PKS yang Minta Mobil Luthfi Dipindahkan

Ini Orang PKS yang Minta Mobil Luthfi Dipindahkan

Luthfi Hasan Ishaaq. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Pengembangan Kepemimpinan Partai Keadilan Sejahtera, Budiyanto, dihadirkan sebagai saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2013, untuk bekas Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq. Luthfi adalah terdakwa dalam kasus suap impor daging sapi. 

Dalam persidangan, Budiyanto mengaku pernah memerintahkan Ahmad Zaky, sekretaris pribadi Luthfi, untuk memindahkan mobil bekas anggota Komisi Pertahanan DPR itu ke kantor Dewan Pimpinan Pusat PKS. "Saya menjaga perasaan keluarga agar tidak terganggu. Setelah penangkapan, biasanya KPK akan menyita barang," ujarnya.

Budiyanto mengaku melakukan hal tersebut demi menjaga perasaan pihak keluarga Luthfi atas penangkapan yang dilakukan oleh KPK. Budiyanto memerintahkan Zaky memindahkan mobil Luthfi di rumah di Jalan Haji Samali, Pasar Minggu, ke kantor PKS. Ia mengaku tidak mengetahui jenis-jenis mobil yang dipindahkan.

Mobil-mobil Luthfi yang dipindahkan Budiyanto antara lain Nissan Navara, Mazda CX-9, Toyota FJ Cruiser, dan Toyota Alphard. Ketua Majelis Hakim Gusrizal Lubis lantas mencecar Budiyanto soal alasan dia memindahkan mobil-mobil itu. "Bukan menghindari penyitaan oleh KPK?" kata Gusrizal

Budiyanto menegaskan, mengaku mengenal Ahmad Zaky sejak awal berdirinya PKS. Budiyanto saat ini juga terdaftar sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Komisi Pertahanan. Ia menggantikan posisi Luthfi yang mengundurkan diri dari DPR setelah ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi suap impor daging.

KPK menetapkan Luthfi sebagai tersangka dalam dugaan suap terkait impor daging sapi pada 31 Januari 2013. Suap itu diketahui setelah ada penangkapan terhadap Ahamd Fathanah, teman dekat Luthfi, pada Selasa, 29 Januari 2013. Fathanah diduga menerima suap Rp 1 miliar yang rencananya akan diserahkan ke Luthfi.

Sebelum proses persidangan, sempat terjadi ketegangan saat penyidik KPK akan menyita mobil milik Luthfi di DPP PKS. Tim penyidik KPK sempat ditolak masuk ke kantor PKS. Bahkan, semua ban mobil milik Luthfi sengaja dikempiskan guna mempersulit. Tapi, akhirnya permasalahan berakhir dan mobil itu berhasil dibawa penyidik KPK.

MAYA NAWANGWULAN


View the original article here

0 Response to "Ini Orang PKS yang Minta Mobil Luthfi Dipindahkan"