Latest Updates

Mars Bakal Kedatangan Satelit Pemantau dari India

NEW DELHI - Pesawat luar angkasa buatan India dijadwalkan meluncurkan akhir Oktober 2013. Percobaan peluncuran akan dilakukan guna menguji kemampuan probe (satelit penyelidik atau pemantau) untuk mengobservasi planet merah.

Dilansir Spaceflightnow, Selasa (8/10/2013), penerbangan uji coba nanti dipersiapkan untuk misi luar angkasa India masa depan. Dijadwalkan 28 Oktober 2013, Mars Orbiter Mission akan menunjukkan teknologi navigasi luar angkasa, komunikasi serta tembakan roket pesawat luar angkasa.

Seperti diketahui, hanya Amerika Serikat (NASA), Rusia dan Badan Antariksa Eropa (ESA) yang berhasil mengirim robot ke Mars sebelumnya. Badan antariksa India ini berharap bisa menjadi yang keempat untuk mencapai prestasi tersebut.

Satelit pengorbit planet merah dari negara asal Asia ini akan membawa kamera kecil untuk menangkap gambar medan Mars. Kabarnya, kamera akan dilengkapi dengan spektrometer inframerah termal untuk mengukur komposisi kimia permukaan. Selain itu, satelit pengorbit ini juga akan meneliti atmosfer Mars, termasuk mendeteksi kandungan metana.

Pejabat India J.N. Goswami, Director of ISRO's Physical Research Laboratory mengungkapkan, teknologi yang dimiliki orbiter ini lebih tinggi daripada tujuan sains. Gosmawi memberikan pengarahan misi pada Maret di Lunar and Planetary Science Conference di Houston.

Insinyur membuat Mars Orbiter Mission dalam waktu cepat. Gosmawi mengatakan, badan antariksa India atau Indian Space Research Organization (ISRO) menyetujui pada Agustus 2011 dengan seluruh hardware yagn dirakit. Sehingga, pembuatan pesawat luar angkasa ini dibuat kurang dari dua tahun.

Desain dari Mars Orbiter Mission berdasarkan pada pesawat luar angkasa pengorbit bulan, Chandrayaan 1. Pesawat luar angkasa tersebut berhasil meluncur ke orbit sekitar bulan pada November 2008 serta sukses dioperasikan hingga Agustus 2009.

Misi luar angkasa yang dilakukan India ini kabarnya menghabiskan dana sebesar USD73 juta. Pengujian pertama akan diluncurkan pada 28 Oktober 2013 dan diperpanjang hingga 19 November 2013. (ahl)


View the original article here

0 Response to "Mars Bakal Kedatangan Satelit Pemantau dari India"