Latest Updates

Berawal Dengan Ketidaksengajaan, Berakhir Dengan Penemuan


Silikon hitam ini adalah silikon berwarna hitam. Sederhana bukan? Tetapi bagian terpenting dari silikon ini adalah tingkat sensitivitasnya terhadap cahaya yang pada indikasi awal tercatat 100 sampai 500 kali lebih sensitif daripada silikon yang ada saat ini.

Untuk membuat silikon ini, peneliti Harvard Eric Mazur memancarkan sinar laser super kuat ke sebuah lempengan silikon. Hasil tembakan tersebut memiliki tenaga yang menyerupai tenaga yang dihasilkan oleh matahari untuk menyinari bumi.

Percobaan tersebut menghasilkan silikon hitam yang tampak nyata. Tetapi bila anda lihat dibawah mikroskop elektron, anda akan bisa melihat lapisan hitam itu sebenarnya merupakan jutaan duri kecil yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap cahaya tersebut.

Selain itu, bahan ini juga mampu menyerap cahaya dua kali lebih banyak daripada silikon yang ada saat ini, serta mampu mendeteksi cahaya infra merah yang tidak terlihat pada detektor silikon dewasa ini.

Dan menurut Eric, proses pembuatan silikon hitam ini tidak akan berubah, yang berarti bahwa kita bisa membuat silikon hitam ini tanpa memerlukan usaha yang lebih banyak lagi.

Sumber : New York Times

0 Response to "Berawal Dengan Ketidaksengajaan, Berakhir Dengan Penemuan"