Latest Updates

Daftar Standar Gaji Pegawai di Indonesia 2009


Bagi teman-teman yang bingung tentang gaji di indonesia. Ingin tahu berapa standar gaji fresh graduate, Ini ada Tabel yang menerangkan tentang gaji, baik daftar gaji pegawai swasta, maupun pegawai negeri,.. ups gak ada ding pegawai negerinya.... he he he. Simak yuk.

Topik yang dibicarakan sepanjang masa dari office boy sampai kepada top management. Apakah gajiku sudah pantas? Sulit memang untuk menentukan standar gaji yang win win solution antara staff dan perusahaan. JIka para staff berkumpul jarang yang bersyukur atas gaji yang mereka peroleh, sebagian besar mereka mengeluh bahwa porsi pekerjaan lebih besar dari kompensasi yang diterima. Di pihak perusahaan selalu berpikir bagaimana memaksimalkan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan untuk lebih produktif. Masa2 seperti saat ini adalah masa2 yang kurang menguntungkan bagi tenaga kerja di Indonesia. Krisis ekonomi yang berkepanjangan menyebababkan perusahaan memiliki bargaining power yang lebih tinggi dibandingkan dengan staff. Bahkan banyak cerita memilukan seputar tenaga kerja di perusahaan.

Dalam sebuah wawancara di televisi seorang CEO dari job hunting company menjelaskan bahwa 68% freshgraduate Indonesia berstatus menganggur, angka yang sangat mengkhawatirkan. Salah satu penyebabnya adalah para pekerja yang notabene berpengalaman rela digaji dengan standar freshgradute ( weleh..weleh…) sehingga para freshgraduate posisinya semakin terjempit.

Bagaimana tips untuk mendapatkan pekerjaan bagi freshgraduate ? mungkin tips ini bisa membantu:

  1. Jangan puas dengan ilmu yang didapat di bangku kuliah, kenyataan pengetahuan di bangku kuliah mungkin hanya 10% saja yang bisa diterapkan di dunia kerja. Aktiflah untuk mencari kompetensi tambahan yang menunjang misalkan S1 jurusan Akuntansi + menguasai teknologi informasi+ bahasa Mandarin.
  2. Kuasailah bahasa internasional (Inggris, Mandarin, JEpang, Dsb)
  3. Tentukan target bidang yang dimasuki sehingga semua effort yang dikeluarkan dapat selaras dengan kompetensi. Jika tidak bisa dipastikan rugi waktu dan kesempatan. Pikirkan secara matang jika ingin melakukan cross job.
  4. Bangun jejaring seluas2nya sebelum lulus kuliah. pergunakan internet semaksimal mungkin untuk memiliki jejaring di dunia maya.
  5. Belajarlah seni berkomunikasi dan softskill untuk memperlengkapi diri.
  6. Tunjukan performance bekerja terlebih dahulu baru bicara kompensasi.

INGA2! Umumnya tujuan perusahaan merekut staff baru adalah untuk memperoleh pendapatan lebih banyak atau dapat mengurangi biaya (cost efficiency).

BERIKUT GAMBAR STANDAR GAJI DI INDONESIA 2009


KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR UKURAN








Tags:
gaji pegawai swasta di indonesia, lowongan pekerjaan, standar gaji indonesia

1 Response to "Daftar Standar Gaji Pegawai di Indonesia 2009"

Unknown mengatakan...

Ini bersumber dari mana ya infonya?
Apa ada info standar gaji terbaru?
Makasih